Real Madrid Juara Liga Champions, Dominasi Los Blancos di Benua Biru

2024-06-03 17:54:14 - By W Cello
Point: 0/5 (Total: 0)

ModRadar.com – Real Madrid berhasil meraih gelar Liga Champions ke-15 setelah mengalahkan Borussia Dortmund dalam final yang digelar pada Minggu, 2 Juni 2024. Kemenangan 1-0 pasukan Carlo Ancelotti atas Borussia Dortmund membuat Real Madrid mendapatkan La Decimoquinta.

Real Madrid Juara Liga Champions, Dominasi Los Blancos di Benua Biru
Para Pemain Real Madrid dalam Perayaan Juara Liga Champions (Dok. Real Madrid)

Real Madrid secara keseluruhan sudah tampil dalam 18 kali final Liga Champions sejak tahun 1956. Dalam rentang tersebut, Los Blancos tercatat menjadi juara sebanyak 15 kali, dan keluar sebagai runner-up hanya dalam 3 percobaan. Terakhir kali Real Madrid gagal menjadi juara Liga Champions kala menembus final terjadi pada 1981. Saat itu, Los Blancos digagalkan oleh Liverpool. Selebihnya, dalam 9 final beruntun sejak momentum tersebut, Madrid selalu keluar sebagai kampiun, entah siapa pun lawannya.

Kontras dengan Real Madrid, kekalahan Borussia Dortmund di final Liga Champions 2024 terasa menyakitkan. Ini adalah kali kedua BVB rontok di partai puncak dalam 11 tahun terakhir. Pada 2013, Dortmund ditaklukkan sesama wakil Liga Jerman, Bayern Munchen, dengan skor 2-1. Kali ini, BVB dihancurkan oleh Real Madrid. Dortmund sendiri sudah 3 kali masuk final UCL. Satu-satunya gelar Liga Champions didapatkan mereka pada percobaan pertama di edisi 1997 lawan Juventus.

Dominasi Real Madrid

Keberhasilan Real Madrid meraih La Decimoquinta sekaligus mengukuhkan dominasi klub Liga Spanyol jika sudah tampil di final UCL. ModRadar mencatat, klub LaLiga sudah menembus final Liga Champions sebanyak 31 kali. Dari sejumlah percobaan itu, 20 kali mereka bisa jadi kampiun. 15 di antaranya dilakukan oleh Real Madrid dan sisanya oleh Barcelona.

Di sisi lain, ini adalah final Liga Champions ke-19 bagi wakil Liga Jerman. Namun, mereka justru lebih banyak kalah daripada menang. Klub Bundesliga hanya pernah juara UCL sebanyak 8 kali, dengan rincian Bayern 6 kali, Dortmund 1 kali, dan Hamburg sekali pula. Dalam 11 percobaan lain di final, klub Liga Jerman kalah. Ini dirasakan Bayern sebanyak 5 kali, Dortmund 2 kali, Hamburg sekali, diikuti Eintracht Frankfurt, Borussia Monchengladbach, dan Bayer Leverkusen sekali.

Real Madrid pernah demikian dominan di Eropa dengan meraih 5 gelar pertama Liga Champions sejak 1956. Uniknya, dalam 9 tahun terakhir, Los Blancos kembali menunjukkan kehebatan mereka. Tercatat, dalam rentang waktu tersebut, Real Madrid juara 5 kali, yaitu 3 kali beruntun pada 2016, 2017, dan 2018, diikuti oleh kesuksesan pada 2022 dan 2024.

Real Madrid Juara Liga Champions, Dominasi Los Blancos di Benua Biru
Selebrasi Pemain Real Madrid Setelah Berhasil Juara Liga Champions (Dok. Real Madrid)

Jalannya Pertandingan

Real Madrid berhasil mengukuhkan juara Liga Champions 2023-2024 setelah mengalahkan Borussia Dortmund pada laga final di Wembley Stadium pada Minggu dini hari, 2 Juni 2024. Los Blancos memetik kemenangan 2-0 berkat gol dari Dani Carvajal dan Vinicius Junior pada babak kedua.

Pada babak pertama, pelatih Borussia Dortmund, Edin Terzic, memulai permainan dengan susunan pemain yang persis sama dengan tiga pertandingan terakhir Liga Champions. Di sisi lain, pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, membuat perubahan dengan memainkan kiper Thibaut Courtois untuk menggantikan Andriy Lunin yang menjadi pahlawan Los Blancos di babak semifinal. Kedua tim bermain terbuka sejak awal babak pertama.

Dortmund Bukan Tanpa Perlawanan

Dortmund mengambil inisiatif serangan pertama, tetapi Madrid berhasil menikmati penguasaan bola sambil menunggu momen yang tepat untuk menusuk jantung pertahanan Dortmund. Federico Valverde berhasil menciptakan peluang pertama untuk Real Madrid dengan tendangan mengarah ke gawang dari batas kotak penalti, tetapi tendangannya melenceng jauh di atas mistar gawang.

Karim Adeyemi dari Dortmund juga memiliki peluang, tetapi gagal mengontrol bola dengan sempurna setelah berhadapan dengan kiper. Hingga 30 menit pertandingan, Real Madrid mendominasi penguasaan bola sebesar 62%, namun Dortmund lebih unggul dalam menciptakan peluang mencetak gol. Marcel Sabitzer dari Dortmund menciptakan peluang matang, tetapi tendangannya berhasil diblok oleh Thibaut Courtois.

Pada babak kedua, Real Madrid meningkatkan intensitas serangan. Baru empat menit berjalan, Los Blancos memiliki peluang lewat tendangan bebas Toni Kroos. Dengan hasil ini, Real Madrid meraih gelar ke-15 Liga Champions dan memberikan hadiah perpisahan yang manis untuk Toni Kroos yang memutuskan pensiun dari sepak bola.

Real Madrid Juara Liga Champions, Dominasi Los Blancos di Benua Biru
Vinícius Júnior Setelah Mencetak Gol ke Gawang Dortmund (Dok. Real Madrid)

Fakta Unik

Berikut adalah beberapa fakta unik yang berhasil ModRadar rangkum terkait final Liga Champions 2023-2024 antara Real Madrid dan Borussia Dortmund:

Rekor Juara

Real Madrid telah menjadi juara 15 kali dalam sejarah Liga Champions, menjadikannya tim yang paling sering meraih gelar. Rival terdekatnya adalah AC Milan yang baru juara 7 kali.

Tak Terkalahkan

Real Madrid selalu menang dalam sembilan penampilan final di era Liga Champions. Musim ini, mereka juga tak terkalahkan dalam 13 pertandingan Liga Champions (9 menang, 4 seri). Ini adalah pertama kalinya mereka memenangkan final Piala Eropa/Liga Champions tanpa kekalahan.

Gelar Keenam

Empat pemain Real Madrid, yaitu Luka Modric, Dani Carvajal, Toni Kroos, dan Nacho Fernandez, meraih gelar Liga Champions keenam, menyamai rekor Paco Gento.

Ancelotti

Carlo Ancelotti menajamkan rekor sebagai pelatih paling sering juara. Ia sudah lima kali membawa timnya merebut trofi di final Liga Champions.

Pemain Muda

Jude Bellingham menjadi starter ketiga termuda Real Madrid di laga final Liga Champions setelah Iker Casillas pada tahun 2000 dan Raul Gonzalez pada tahun 1998.

Pemain Tertua

Dani Carvajal, yang berusia 32 tahun dan 142 hari, menjadi pemain tertua Real Madrid yang mencetak gol di final Liga Champions.

Duel Inggris

Jude Bellingham (Real Madrid) dan Jadon Sancho (Dortmund) adalah dua pemain Inggris yang untuk pertama kalinya berhadapan di final Liga Champions.

Toni Kroos

Toni Kroos menyamai catatan Thomas Muller sebagai pemain Jerman dengan penampilan terbanyak di Liga Champions (151 penampilan). Ini juga menjadi perpisahan indah bagi Toni Kroos yang akan pensiun setelah gelaran Euro 2024.

Olahraga

See All

Jadwal Lengkap Euro 2024 di Jerman: Pertandingan dan Tim Unggulan

2024-06-10 20:07:35 - Euro 2024 akan digelar di Jerman dari 14 Juni hingga 14 Juli, menjanjikan kompetisi yang penuh aksi dari tim-tim terbaik Eropa. Berikut adalah jadwal lengkap pertandingan Euro 2024, yang akan disiarkan langsung di RCTI dan Vision+.

Update Terikini Indonesia vs Irak: Jordi Amat Kartu Merah, Garuda Kalah!

2024-06-06 19:57:28 - Dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia menghadapi Timnas Irak di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, pada Kamis, 6 Juni 2024. Sayangnya, Garuda harus menelan kekalahan dengan skor akhir 0-2.

Babak Pertama Indonesia Open 2024: Jonatan Christie Tersingkir, Tunggal Putra Indonesia Habis

2024-06-06 13:28:47 - Jonatan Christie mengalami kekalahan telak dengan skor 13-21, 21-16, 12-21 dari Leong Jun Hao dalam pertandingan babak pertama Indonesia Open 2024. Kekalahan ini menjadi pukulan berat karena membuat seluruh wakil tunggal putra Indonesia harus terhenti langkahnya di babak awal.

Rating

Please rate this post!
0
0 reviews
5 0 reviews
4 0 reviews
3 0 reviews
2 0 reviews
1 0 reviews

Không có đánh giá nào.