Begini Cara Fat Cat Menghasilkan Uang dari Game

2024-05-10 20:25:24 - By Latisha
Point: 0/5 (Total: 0)

 

Fat Cat, Gamer Asal China yang Bunuh Diri

Belakangan ini, media sosial ramai dengan perbincangan tentang meninggalnya gamer asal China, Pang Mao atau yang akrab disapa Fat Cat. Ia diduga bunuh diri karena permasalahan asmara dan ditemukan di bawah jembatan Yangtze di Chongqing pada 25 April 2024 lalu. Hingga kini kisahnya masih menjadi topik hangat dan ramai diperbincangkan.

Fat Cat merupakan pemuda berusia 21 asal Tiongkok, tepatnya di Hunan. Ia merupakan gamer handal pada game Honor of Kings, salah satu game populer di Tiongkok.

Fat Cat diketahui berpacaran dengan Tan Zhu (27). Dan selama dua tahun berpacaran, mereka hanya bertemu dua kali dan mengandalkan komunikasi secara virtual karena tempat tinggal yang berjauhan. Namun, meskipun begitu, Fat Cat rutin mengirimkan uang kepada Tan Zhu dalam jumlah yang besar, dan inilah penyebab dari kejadian naas ini.

Bunga dan makanan untuk Fat Cat

Diketahui bahwa sedikitnya 500.000 yuan atau Rp 1,1 miliar diberikan Fat Cat untuk Tan Zhu. Uang tersebut adalah untuk membiayai gaya hidup Tan Zhu. Fat Cat membatasi diri dengan hanya menghabiskan 10 Yuan (sekitar Rp.20.000) untuk makan. Ia bahkan pernah mengunggah sebuah video yang mengungkapkan keinginannya untuk makan hamburger di restoran cepat saji.

Transfer terakhir Fat Cat kepada Tan Zhu adalah sebesar 66.000 yuan, transaksi ini diketahui terjadi beberapa hari sebelum ia bunuh diri.

Penghasilan Fat Cat yang ia peroleh dari bermain game sebenarnya cukup untuk ia hidup nyaman tanpa kekurangan. Namun, Fat Cat selama ini hidup sangat hemat karena sebagian besar uangnya ia berikan untuk Tan Zhu. 

Sayangnya, ketulusan Fat Cat dibalas dengan perbuatan tak menyenangkan dari Tan Zhu yang  diketahui menikah dengan orang lain. Kisah Fat Cat yang tragis membuat banyak warga berkumpul di pinggir sungai untuk mendoakan dan melepasnya pergi.

Industri Game di China

Game Honor of Kings yang dimainkan Fat Cat

Berdasarkan “Laporan Industri Game Tiongkok 2023”, jumlah total pemain game di Tiongkok pada tahun 2023 adalah 6,68 juta orang, yang berarti hampir setengah dari populasi Tiongkok yang berjumlah lebih dari 1,4 miliar jiwa telah terpapar oleh game. Di balik angka tersebut terdapat pendapatan penjualan game dalam negeri yang mencapai 302,964 miliar yuan. 

Game populer seperti “Honor of Kings”, “Game for Peace”,  dan lainnya telah mendorong pasar konsumen yang besar, dan menghasilkan pendapatan yang signifikan.

Jasa joki game sangat menjanjikan

Contohnya adalah platform Taobao. Saat mencari kata kunci “joki game” (代练), hasilnya mencapai 100 halaman, dengan lebih dari 4.000 toko menyediakan layanan tersebut dengan harga yang berkisar antara 5 hingga 100 yuan. 

Di bawah bilah pencarian, Taobao juga menyediakan platform permainan sewa yang direkomendasikan secara resmi. Beberapa platform tersebut memiliki penjualan bulanan mulai dari 9.268 pesanan per bulan hingga 146.045 pesanan. Jika dihitung berdasarkan harga per pesanan sebesar 5 yuan, pendapatan bulanan terendah sebuah toko dapat mencapai 46.340 yuan (setara dengan Rp.103.000.000). Ini menunjukkan tingkat pendapatan yang mengesankan dari industri permainan sewaan.

“Ada beberapa pemain rekrutan terkenal yang bisa menghasilkan lebih banyak uang, tapi saat ini persaingannya juga sangat ketat,”  kata Tieu Vu terus terang. Ia mengatakan banyak mahasiswa seperti dirinya yang hanya melakukan pekerjaan ini sebagai pekerjaan paruh waktu, karena bekerja penuh waktu akan sangat sulit. 

Selain itu, jasa joki game tidak hanya sekedar teknis, namun juga perlu memberikan nilai emosional kepada pelanggan. Dia berkata: “Hal ini diperlukan untuk membuat pemilik merasa senang saat bermain, misalnya ketika lawan memiliki sedikit kesehatan yang tersisa, biarkan pemilik membunuh dan mendapatkan poin, atau membantu mereka memenangkan Buff merah atau biru.”

Faktanya, streamer dengan jutaan pengikut pun terlibat erat dalam aktivitas joki game ini. Streamer TikTok bernama Achi pernah menjadi bagian dari tim di balik layar beberapa streamer ternama. Dia mengatakan kepada Sina Technology :  “Hampir semua streamer besar memiliki tim pendukung yang mereka mainkan untuk disewa. Streamer adalah sisi depan, memberikan nilai emosional kepada penonton selama streaming langsung, dan tim adalah sisi belakang, terus mendorong.” poin ketika tidak siaran untuk menaikkan level.”

Hubungan antara produsen dan pemain joki game 

Di China, hampir semua produsen game terang-terangan melarang aktivitas joki game bahkan memberikan sanksi tegas seperti ban akun. Namun hal ini tetap tidak dapat menghalangi kuatnya perkembangan industri joki game.

Baik di Taobao, Xianyu, atau platform seperti Douyin, Kuaishou, hampir selalu dapat ditemukan jejak layanan joki game.

Lantas apa hubungan antara industri game sewaan dan produsen game sungguhan?

Usai kejadian Fat Cat, salah satu anggota tim E-sport WE ternama di China, Strawberry, berkomentar sebagai berikut: “Bermain untuk disewa sebenarnya merupakan pelanggaran peraturan, namun lingkungan game dalam negeri itulah yang terjadi saat ini. Saya berani mengatakan setidaknya 90% gamer profesional telah bermain untuk disewa atau bermain bersama. Jika Anda bisa mendapatkan 500.000 yuan dalam 2 tahun, siapa pun yang memiliki keterampilan akan melakukannya di sana.” 

Pernyataan tersebut mengarah pada hubungan antara industri joki game dan produsen game. Kenyataannya adalah produsen game tidak dapat sepenuhnya mencegah aktivitas joki game, sebagian karena permintaan ini datang dari para pemainnya sendiri. Meski kebutuhan ini tidak sehat, namun produsen tidak bisa sepenuhnya mengubah keinginan pemain. Di sisi lain, kepopuleran game itu sendiri tak lepas dari “kontribusi” yang terus menerus dari layanan rental game. Tanpa adanya jasa persewaan, tingkat aktivitas permainan juga akan menurun, hal yang tidak ingin dilihat oleh produsen.

Beberapa orang terjun dalam industri ini karena tak ada pilihan lain

Ilustrasi joki game

Beberapa orang dalam industri ini juga tidak punya pilihan lain. Tong Xin misalnya, ia bekerja di studio game yang membuka jasa joki dan mengatakan kepada Sina Technology bahwa dia dulu bekerja di Guangzhou dengan gaji bulanan sebesar 30.000 yuan (66 juta rupiah). Namun ketika dia kembali ke kampung halamannya, gajinya kurang dari 5.000 yuan (11 juta rupiah), sehingga ia terpaksa harus bekerja sebagai gamer untuk disewa. 

“Di kota-kota kecil, pekerjaan dengan gaji di atas 10.000 yuan sangat jarang, meskipun demikian Ini bukan untuk orang biasa seperti saya. Bermain game untuk disewa setidaknya membantu saya mencapai tingkat pendapatan sebesar itu.”

Ia juga mengatakan bahwa dia bersimpati dengan Fat Cat. “Sayang sekali, orang seperti itu bisa memiliki masa depan yang lebih baik.”

Menurutnya, pemain yang disewa dibagi menjadi tiga level, dari pemain amatir hingga “agen kecil” yang memenuhi syarat, dan terakhir “agen senior”, yang setiap levelnya menghasilkan jumlah uang yang berbeda. 

“Fat Cat termasuk dalam kelas kelas atas. Pada puncaknya, orang-orang ini sering kali memiliki pendapatan bulanan lebih dari 10.000 yuan (22 juta rupiah), lebih tinggi daripada kebanyakan pemain sewaan.”

Sekaligus, ditegaskannya bahwa keberadaan sektor ini erat kaitannya dengan produsen.  “Gamer profesional, semi-profesional, dan pensiunan di platform seperti Douyin atau YY Live juga menerima pesanan. Jadi, meskipun perusahaan game melarang, menghukum para gamer adalah tindakan ilegal.” Kata Tong Xin.

Ingin hasilkan uang dari bermain game seperti Fat Cat? Yuk download berbagai macam game menarik di Modradar.

Permainan

See All

Share Code Blox Fruit Update 20 terbaru 2024 (X2 Exp, Reset stats)

2024-10-22 10:40:22 - Dunia permainan populer Roblox Blox Fruits gempar dengan mulai dikenalkan Code Blox Fruits. Dengan kode ini maka tak ada lagi kata kesusahan dan kekalahan dalam bermain Blox Fruits. Kita akan keluar bisa jadi pemenang dalam permainan ini. Apa itu Code Blox Fruits? Code blox fruits ialah kode-kode yang sangat sangat…

Pembaruan Terbaru Minecraft Switch 1.21: Tricky Trial Update

2024-07-24 16:30:01 - Minecraft Switch meluncurkan Pembaruan Minecraft Switch 1.21 yang dinanti-nanti, dikenal sebagai Tricky Trial Update.

Cara Daftar Free Fire Advance Server Terbaru Juli 2024, Ada Karakter Baru Serta Banjir Diamond!

2024-07-15 17:48:15 - Haloo gamers! Apakah kalian sudah tahu bahwa Free Fire Advance Server Spesial Juli 2024 hadir dengan menyediakan banyak diamond dan karakter baru? Bagi yang belum tahu mengenai Free Fire atau Advance Server, yuk simak selengkapnya pada artikel Latisha kali ini! Apa itu Free Fire Advance Server 2024? Free Fire Advance…

Rating

Please rate this post!
0
0 reviews
5 0 reviews
4 0 reviews
3 0 reviews
2 0 reviews
1 0 reviews

Không có đánh giá nào.